Tuesday, August 5, 2008

Berburu Ilmu di blog

Salah satu fungsi internet adalah sebagai sumber informasi. Internet bahkan dapat diibaratkan sebagai sebuah perpustakaan yang sangat besar. Anda bisa menemukan hampir segala hal yang ingin Anda ketahui disini. Karena begitu banyaknya, mendapat informasi yang tepat seringkali tidaklah mudah.

Terkait alasan ini pula, di internet tersedia berbagai mensin pencari (search engine). Anda tinggal mengetik kata kuncinya dan search engine tersebut akan mencarinya disemua situ yang ada. Contoh situs search engine adalah: google.com, yahoo.com, arrow search dan lain sebagainya.

Tingkat keberhasilannya cukup tinggi, walaupun kerap menghasilkan informasi yang tidak relevan.

Walaupun bayak orang menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak produktif, termasuk mendapat materi pornografis, kita semua tahu bahwa internet adalah repositas pengetahuan yang seluas samudra. Hampir semua bidang ilmu dapat kita temukan di internet.

Masalah besar yang dihadapinya adalah bahwa internet tidak dianggap prioritas oleh manajemen sekolah. “bahkan, internet dianggap sebagai cost-center.”

Pendidikan dari tingkat dasar (Taman Kanak-kanak) hingga tingkat paling tinggi (strata 3) telah menjadi tantangan maha berat bagi pemerintah kita. Dalam beberapa terakhir tahun ini.

Dunia pendidikan kita mengalami kemunduran dibandingkan sekolah lain di Asia. Celakanya, kualitas pendidikan berkaitan sekali dengan daya saing suatu bangsa. Maka, bisa dibayangkan betapa malangnya nasib bangsa ini, bila kualitas pendidikan yang didapatkan oleh anak-anak didik tidak bertambah baik.

Di suatu pihak para guru atau dosen dituntut untuk berdedikasi pada tugas mereka. Di lain pihak, gaji mereka tidaklah mencukupi, sehingga mereka membanting tulang di luar sekolah atau akademis, agar mereka dapat memberikan kehidupan yang layak bagi keluarga mereka masing-masing. Akibatnya sekolah sering terlantar.

Masih banyak anak-anak yang benar-benar serius dalam menuntut ilmu, misalnya mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan yang mendemontrasikan minat yang sangat dalam mengetahui lebih banyak.

Alangkah sayangnya kalau minat belajar yang demikian besar harus tersia-siakan karena mereka tidak dapat menimba ilmu di ruang kelas. Apa solusinya? Internet.

Oleh karena itu, aneh bila saat ini masih ada lembaga pendidikan yang tidak menyadari kunci internet dalam proses belajar.

Yang jelas, setiap lembaga pendidikan yang serius ingin mencerdaskan sumber daya manusia pastilah akan menyediakan fasilitas internet di sekolah.

CD Freeware, Shareware atau Demo/Trial

Freeware, aplikasi ini tidak diperjualbelikan atau Anda tidak perlu membayar untuk memilikinya. Tidak semua aplikasi berstatus demikian, hanya karena alasan tertentu saja, maka aplikasi tersebut berstatus gratis (free), tapi jangan Anda pikir karena file ini gratis, maka isinya pun biasa-biasa saja. Yang jelas, aplikasi freeware merupakan aplikasi ini banyak dipakai orang, video editor, manipulasi photos/foto, DVD players, MP3,MP4,MPEG,3GP downloader, dan masih banyak lainnya.

Shareware/Demo/Trial, Aplikasi Shareware biasanya masuk dalam kategori demo/trial. Aplikasi ini sebenarnya hanya menarik minat pembeli yang ingin menggunakannya. Oleh karena itu, sebuah aplikasi shareware bila digunakan, maka ia memiliki tenggang waktu tertentu dalam pemakaian atau beberapa fungsi dibatasi. Bila habis masa waktunya atau seluruh fungsi aplikasi tersebut ingin memiliki, Anda harus melakukan registrasi file tersebut dengan cara membelinya secara legal ke perusahaan pembuat aplikasi tersebut.

No comments: